Senin, 04 April 2011

My J2ME Application

Pada postingan kali ini akan dibahas tahap yang diperlukan untuk membangun aplikasi penyimpanan data cryptex pada ponsel, dimana tahap tersebut akan dijelaskan pada subbab yang terpisah. Secara umum, pembuatan aplikasi penyimpanan data cryptex ini dibagi menjadi lima tahap, yang terdiri dari :
1.Membuat rancangan menu pada aplikasi cryptex dengan menggunakan UML (Use Case Diagram & Activity Diagram).
2.Class-class yang diperlukan pada pembuatan aplikasi cryptex.
3.Uji coba program. Pada tahap ini kode program yang telah dibuat pada tahap sebelumnya akan dieksekusi dan dijalankan untuk menganalisa kesesuaiannya dengan ketiga tahap awal yang dilakukan.
4.Pengimplementasian JAR cryptex kedalam ponsel.

1 Rancangan Menu Pada Aplikasi Cryptex Dengan UML
Pada aplikasi keamanan cryptex ini user harus memasukkan password dari pertanyaan yang dibuat, sehingga dapat memasuki aplikasi cryptex tersebut. Setelah memasukkan password dengan benar, maka akan masuk pada tampilan utama aplikasi keamanan cryptex. Pada tampilan utama ini user dapat menyimpan data, mengupdate atau merubah data yang sudah ada, menghapus data, dan juga mengubah password login. Pada tampilan aplikasi cryptex ini jika salah memasukkan password, maka data yang ada pada aplikasi cryptex tidak terbaca. Berikut adalah Use Case Diagram yang digunakan :



2 Class-class Pada Aplikasi Cryptex Class- class yang digunakan untuk membuat aplikasi cryptex terdapat 10 class. Yaitu:

2.1 AddDataForm.java Class ini digunakan untuk memasukkan atau menambahkan data-data yang ingin disimpan pada aplikasi cryptex.
2.2 ConfirmDeleteForm.java Class yang digunakan untuk sebagai konfirmasi apakah data yang dipilih akan benar benar dihapus atau tidak.
2.3 ContentList.java Untuk membuat pilihan-pilihan atau command-command yang ada pada aplikasi penyimpanan data cryptex.
2.4 Cryptex.java Sebagai class utama yang menghubungkan semua class-class yang pada aplikasi cryptex.
2.5 EditDataForm.java Untuk mengupdate atau mengubah data yang telah disimpan.
2.6 EnterPasswordForm.java Class yang berisi program untuk memasukkan password yang telah dibuat untuk masuk kedalam aplikasi cryptex.
2.7 Locale.java Berisi perintah-perintah yang ada pada aplikasi cryptex.
2.8 Rc4.java Berisi jenis data, panjang maksimal data, dan besar ukuran data yang dapat disimpan.
2.9 Record.java Berisi data data yang telah kita simpan pada cryptex. 3.3.10 SetPasswordForm.java Tempat untuk mengset password sehingga dapat mengakses masuk kedalam aplikasi cryptex.

3. Uji Coba Program
Uji coba program merupakan hal paling akhir yang dilakukan penulis dalam membangun aplikasi keamanan cryptex. Pada bagian ini penulis mencoba untuk menguji apakah program yang dibuat telah sesuai dengan rancangan awal yang dibuat, dan jalannya program telah sesuai dengan alur yang diharapkan. Untuk menjalankan program, penulis menggunakan sebuah emulator ponsel yang tersedia dalam WTK v2.5.2. Emulator ini dapat berfungsi sebagai sebuah ponsel virtual yang dijalankan pada PC, dan memiliki fungsi serta spesifikasi (fitur, warna, dimensi layar, tombol, suara, dan lainnya) yang sama seperti pada ponsel sebenarnya.

3.1 Tampilan Layar Login


Pada gambar diatas dibuat suatu pertanyaan untuk dapat mengakses masuk kedalam aplikasi cryptex. Setelah memasukkan pertanyaan yang diinginkan, isi password dari pertanyaan yang dibuat itu. Setelah password dimasukkan, kemudian ketik ulang password yang dimasukkan tadi supaya password yang dimasukkan tadi benar password yang diinginkan. Setelah benar-benar yakin pertanyaan dan password yang dimasukkan benar, kemudian tekan enter.

3.2 Tampilan Layar Utama


Pada gambar diatas jika memilih Add maka user akan memasukkan data yang nantinya akan disimpan dalam secure content ini. Jika memilih Change Pass maka akan memasukkan kembali questions dan password untuk dapat masuk kedalam secure content ini. Jika memilih remove maka data yang telah dimasukkan tadi akan hilang atau terhapus dari dalam secure content. Jika pada tampilan secure content user memilih select itu berarti data yang telah dimasukkan tadi dapat dimodifikasi

3.3 Tampilan Layar Add


Pada tampilan ini dapat dimasukkan id dan password yang nantinya akan disimpan dan kemudian tekan enter untuk memasukkan data itu kedalam secure content. Jika sudah di enter maka data yang dimasukkan tadi sudah dapat dilihat pada secure content.

3.4 Tampilan Layar Select Jika pada tampilan secure content user memilih select itu berarti data tersebut dimodifikasi atau mengubah data yang telah ada dalam secure content.



Setelah selesai memodifikasi data, pilih Update dan data akan langsung termodifikasi atau terubah.

3.5 Tampilan Layar Remove


Jika memilih remove maka data yang telah dimasukkan tadi akan hilang atau terhapus dari dalam secure content. Jika memilih back berarti data tersebut tidak jadi dihapus.

3.6 Tampilan Layar Salah Password

Jika pada saat login masuk kedalam secure content user salah memasukkan password maka data pada secure content tidak dapat terlihat.


4. Langkah Pengimplementasian Aplikasi Cryptex Kedalam Ponsel

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk penginstallasian aplikasi cryptex yaitu :
1. Ponsel yang memiliki program JAVA
2. Kabel Data
3.Bluetooth
Untuk menginstallasi aplikasi cryptex ini ada beberapa cara diantaranya:
1.Dengan memindahkan berkas JAR cryptex melalui kabel data dari komputer ke dalam ponsel, kemudian kita buka berkas JAR tersebut sehingga akan terjadi installasi dalam ponsel kita.
2.Jika dengan menggunakan Bluetooth, komputer dan ponsel harus mempunyai Bluetooth, sehingga dapat saling terhubung dan dapat memindahkan berkas JAR tersebut dari komputer pada ponsel kita. Kemudian kita tinggal membuka berkas JAR yang terkirim tadi dan otomatis akan melakukan penginstallan.
3.Cara lain yaitu dengan meletakkan berkas JAR di dalam server kemudian pengguna mendownloadnya. Setelah selesai download, bukalah berkas JAR. Selanjutnya akan terjadi penginstallan program MIDlet pada ponsel kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar