Selasa, 18 Mei 2010

Pembuatan game flash

Tiga Langkah Efisiensi Pembuatan Flash Game


Untuk membuat game kartun berbasis program aplikasi Flash (FlashGame) tidak cukup dengan semangat dan cinta. Kata dan makna: efisiensi, juga perlu perhatian khusus sebelum mengawali pembuatan Flashtoon Game. Secara umum terbagi atas tiga gugusan strategi yang menghindarkan masalah dan meningkatkan efisiensi. Apa sajakah itu?

LANGKAH I
Sebelum kamu membuka program untuk membuat game begitu saja, akan lebih efisien dalam pembuatan game bila kamu terlebih dahulu menyiapkan ‘meja kerja’ dan menyusun rencana.

  • Ide dari game apa yang akan kamu buat, game mana yang lebih menarik untuk kamu untuk membuatnya.
  • Siapakah yang akan menjadi pemainnya dan menyesuaikan ide game kamu.
  • Cari tahu apa saja hal-hal yang kamu pikir akan menjadi halangan dalam pembuatan game dan cari sumber yang dapat membantu kamu menyelesaikannya.
  • Mungkin melihat kembali ide game kamu dan mengurangi beberapa hal bila perlu.
  • Buat sketsa dari grafik interface dari game kamu; tentukan gaya, thema, penggunaan warna, dan animasi. Tentukan juga suara dan musik nya.
  • Tuliskan beberapa script utama dari game kamu seperti collision-detection/reaction, kondisi-kondisi yang akan memenuhi peraturan dari game kamu; limitnya.
  • Lalu kumpulkan semuanya. Dan mulai membuat game tersebut!


LANGKAH II
Setelah game kamu selesai dibuat, jangan terburu-buru untuk mem-publish-nya. Lakukan tes. Biasanya akan lebih bagus lagi bila game kamu di tes oleh orang-orang yang tidak ikut andil dalam pembuatannya. Lalu cari tahu:

  • Apakah instruksinya jelas?
  • Apakah gamenya masuk akal atau bisa dimengerti?
  • Apakah gamenya menyenangkan?
  • Apakah gamenya bisa mengambil perhatian kamu dan menghanyutkan pikiran pemain?
  • Apa masukan dari mereka? Saran dan kritik?
  • Apakah ada bugs?
  • Jika ada, Bagaimana penilaian grafik, suara dan musiknya?
  • Suara dan musik dalam game adalah hal yang tidak disadari oleh kebanyakan pemain. Yang berarti bagus bila tidak ada komentar dari pemain mengenai hal ini. Dan pemain akan langsung mengetahui dan memberi komentarnya bila suara dan musiknya jelek.

LANGKAH III
Saya ingin menutup dua langkahdiatas dengan langkah ke tiga yang terdiri atas beberapa poin untuk diingat dalam membuat game.

  • Jika kamu hanya duduk dan mulai membuat game dan mendesain begitu saja, kamu akan memiliki resiko terbesar mendapatkan masalah. Buatlah rencana.
  • Buat rencana secara global sehingga bisa kamu gunakan untuk game berikutnya.
  • Bila ini kesempatan pertama kamu dalam membuat game, buatlah game yang sesimpel mungkin. Tujuannya agar kamu dapat menyelesaikannya sehingga dapat belajar banyak dan tidak membuat kamu stress yang akhirnya menghilangkan motivasi kamu.
  • Secara realistis, tentukan apa yang kamu ketahui dan apa yang tidak, jangan terlalu berlebihan. Carilah sumber yang dapat membantu kamu.
  • Semakin banyak waktu dan pikiran yang kamu berikan kepada satu fitur game yang spesifik lebih dahulu, semakin tinggi pula tingkat frustasi kamu bila nantinya fitur game tersebut harus dihilangkan. Lakukan banyak tes terhadap game kamu. Jangan masukan kritik kedalam hati. Kritik bisa membangun game kamu menjadi lebih baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar